Perusahaan teknologi terkemuka IBM nampaknya mulai melirik sektor yang sebelumnya kurang diperhatikan. Perusahaan asal Amerika ini akhirnya turut serta dalam persaingan penyediaan server dan data center murah, yang sebelumnya sudah digarap oleh Oracle dan Hewlett Packard (HP).

“Big data dan teknologi cloud Itu selama ini hanya mampu dijangkau oleh perusahaan besar. Tapi kini bisa tersedia untuk semua kalangan,” ujar Rod Adkins, Wakil Presiden Senior di Sistem dan Teknologi IBM.

IBM mengatakan akan meluncurkan server baru berdasarkan arsitektur dengan Power 710 seharga US$ 5,947. Meski sudah diluncurkan hari ini, produk ini baru akan dipasarkan pada 20 Februari mendatang.

“Dengan sistem baru ini, IBM akan bersaing dengan untuk memperebutkan pasar Usaha Kecil dan Mengengah (UKM),” tambah Adkins.

Meskipun menyasar pasar UKM, teknologi yang digunakan bukanlah teknologi rendahan. IBM mengintegrasikan teknologi supercomputer Watson, yang sudah terbukti keunggulannya dalam game show televisi “Jeopardy”.

Dengan teknologi Watson, perusahaan dapat menggunakan server untuk menganalisis gudang data, dan untuk menjawab pertanyaan kompleks lainnya. Teknologi ini akan menyajikan data terstruktur dan tidak terstruktur dengan biaya lebih murah.