Jangan paksakan diri Anda untuk memilih Windows 8, karena ini memang bicara selera. Banyak orang yang lebih memilih satu sistem operasi karena disebabkan sentimen tertentu—biasanya karena alasan open source—dan tentu saja pilihan itu bukan hal yang salah. 

Tapi menarik untuk melihat infografis yang memuat tentang beberapa kelebihan sistem operasi teranyar keluaran Microsoft seperti yang dimuat dalam www.techrepublic.com. Banyak sekali fitur unggulan Windows 8 yang ditampilkan, bahkan beberapa fitur justru tersembunyi dan harus dicari dahulu agar bisa digunakan. 

Seperti Hidden Start Menu, sepertinya Microsoft telah menghilangkan menu start lamanya dengan tampilan ‘keramik’. Tetapi ternyata masih terdapat fitur klik kanan di sudut kiri bawah layar untuk memunculkan menu untuk membuka menu Control Panel, Task Manager, daftar program dan menu-menu lain yang ada di sistem. Dari sini Anda dapat mencari file, menjalankan menu ‘Run’, membuka File Explorer dan lainnya.

Sementara fitur yang juga patut diacungi jempol adalah File History yang cara kerjanya mirip dengan teknologi Apple’s Time Machine. Secara otomatis log dari data-data lama anda dapat dikembalikan ketika diperlukan. Fitur ini tidak diaktifkan secara default, sehingga anda perlu untuk membuka sub-menu System and Security keamanan di Control Panel untuk menjalankannya. Anda juga memerlukan hard-drive baik internal, eksternal atau jaringan untuk menyimpan riwayat dari data-data lama Anda. Semuanya akan bekerja secara otomatis ketika diatur, dan dapat menjadi penyelamat jika Anda kehilangan foto data Anda secara tiba-tiba.