Baru-baru ini IDC mengeluarkan hasil risetnya mengenai penjualan tablet pada kuartal keempat tahun lalu saja. Dari hasil riset mereka, memperlihatkan bahwa tren positif penjualan tablet dari tahun ke tahun meningkat. Berdasarkan pantauan mereka, pada waktu itu, sebanyak 52,5 juta unit tablet telah terjual di seluruh dunia.

Adalah Apple, produsen yang merajai penjualan pasar tablet di dunia. Dengan jumlah iPad sebanyak 22,9 juta unit, iPad menguasai market share dunia sebesar 43,6 persen. Lantas, bagaimana dengan Samsung? Pesaing bebuyutan Apple ini nampaknya harus memutar otak lagi untuk mengalahkan perusahaan besutan Steve Jobs ini. Pasalnya, dengan jumlah 7,9 juta unit Galaxy Tab  yang terjual, Samsung hanya mampu menguasai 15,1 persen pasar tablet dunia.

Amazon pun demikian. Amazone yang konsisten dengan Kindle Firenya harus rela dan sepatutnya bekerja keras lagi karena peringkat mereka di bawah dua perusahaan raksasa tersebut. Begitu pula dengan ASUS dan Barnes & Noble yang berada pada posisi keempat dan kelima. Rekor ini sendiri sudah diperkirakan sebelumnya oleh para pengamat IDC. 

“Kami mengharapkan adanya kuartal keempat yang kuat, dan aktivitas pasar ternyata tidak mengecewakan,” kata Tom Mainelli, editor riset IDC yang dilansir dari Macdailynews.