Baru-baru ini seperti yang dilansir dari BBC, kali pertama Google meluncurkan peta Korea Utara lengkap yang berisi lebih banyak informasi yang dibutuhkan. Sebelumnya, peta negara ini terlihat kosong di layanan Peta Google. Kebijakan ini keluar setelah Kepala Eksekutif Google, Eric Schmidt berkunjung ke Korea Utara silam.

Berbagai data yang tersedia lalu dikumpulkan dalam sistem Google Map Maker, jadi setiap orang bisa berkontribusi untuk memberikan informasi berdasarkan gambar satelit atau pengetahuan lokal. Dirilis pada tahun 2008, data Map Maker telah digunakan untuk Peta Google bagi banyak negara seperti Irak dan Afghanistan.

“Map Maker telah aktif selama beberapa tahun terakhir dan hari ini peta baru Korea Utara telah siap dan tersedia di Peta Google,” kata Jayanth Mysore, produk manajer senior Google Map Maker.

Dia menambahkan bahwa hasilnya seluruh dunia kini sudah bisa mengakses peta Korea Utara yang memberikan lebih banyak informasi dan detil dari sebelumnya. Ditambahkannya layanan ini disebabkan, gambar satelit merupakan sumber data utama sehingga akan memudahkan warga Korea Utara dapat mencari informasi lebih detail lagi. 

Google mengatakan sebagian besar warga Korea Selatan memberi kontribusi informasi untuk menciptakan peta yang bisa digunakan di Utara.

“Saat banyak orang di seluruh dunia tertarik dengan Korea Utara, peta ini menjadi penting bagi warga Korea Selatan yang memiliki hubungan leluhur atau masih memiliki anggota keluarga di sana,” kata Mysore.