Akhir-akhir ini dikabarkan oleh Renewable Energy Magazine, Jerman tambahkan dana untuk kembangkan jaringan listrik dari energi terbarukan. Pendanaan itu dikucurkan oleh Departemen Ekonomi, Lingkungan, dan Pendidikan dan Penelitian sebesar 150 juta euro.

Saat ini tantangan besar adalah membangun sebuah jaringan listrik yang mampu mendistribusikan energi lebih akurat sesuai dengan permintaan atau smart grid. Maka dari itu, untuk mencapai hasil yang maksimal, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) pun diterapkan. 

“Pangsa pasokan energi dari sumber terbarukan terus tumbuh. Jadi untuk menjaga grid beroperasi dengan lancar, pelaksanaan ICT selama perluasan pangsa energi terbarukan adalah penting,” kata Heiko Staubitz dari Germany Trade & Invest

Sementara itu di sisi lain, dari enam proyek percontohan yang melibatkan teknologi smart grid ini menemukan bahwa potensi penghematan dari smart grid dapat menyebabkan penghematan 10% pada tagihan energi rumah tangga dengan sebanyak 20% di daerah industri.