Baru-baru ini peneliti di Inggris memperoleh hasil penelitiannya selama lima tahun tentang kanker dengan cara pemetaan DNA pasien yang kemudian dianalisis untuk mengetahui ramuan yang tepat untuk mengubah kanker menjadi penyakit yang tidak berbahaya. Menurut mereka, kanker bisa menjadi penyakit yang dapat dikendalikan sehingga tidak lagi menjadi penyakit pembunuh. Hal itu seperti yang diwartakan oleh Telegraph. 

Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih mujarab, para peneliti berharap dapat melakukan riset lebih lanjut sehingga dapat mengubah beberapa jenis kanker menjadi penyakit yang tak lagi menimbulkan akibat fatal. 

“Kami bercita-cita menyembuhkan kanker. Namun, bagi orang-orang dalam kondisi kronis, itu akan menjadi sebuah pertanyaan bagaimana menjadikan kondisi mereka lebih baik sehingga mereka dapat hidup lebih lama selama beberapa tahun,” kata Chief Executive di Institute of Cancer Research, Profesor Alan Ashworth.

Di sisi lain, pihak perguruan tinggi pun mendukung dengan mengucurkan dana sekitar £3 juta. Sementara itu, Chief Medical Officer di Macmillan Cancer Support, Profesor Jane Maher, menyebutkan konsep baru ini nantinya akan menolong para penderita kanker. Namun, tak bisa ditepis bahwa teknologi menjadi tantangan yang sangat nyata untuk mengetahui kapan temuan ini bakal terealisasi.