Nampaknya Apple menseriusi untuk membuka Apple Online Store di Indonesia. Dikabarkan oleh NZ Week, bahwa perusahaan asal Amerika Serikat ini telah memberikan surat permohonan resmi ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ketua BKPM Muhammad Chatib Basri mengatakan Apple telah memberikan izin resmi berkaitan dengan rencananya.

“Kami telah menyetujui aplikasi (Apple) mereka,” ujar Basri baru-baru ini.

Diharapkan dengan adanya Apple Online Store di Indonesia mampu mempermudah rantai penyuplaian dan distribusi dari produk-produk Apple. Sementara Wakil Ketua BKPM Azhar Lubis mengatakan terkait investasi yang digelontorkan perusahaan besutan Steve Job ini berkisar US$2-US$3 juta.

“Investasinya bernilai sekitar US$2 juta hingga US$3 juta,” ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, Baru-baru ini, Foxconn Technology, mitra perusahaan Apple dalam pembuatan hardware, berencana untuk membangun pabrik manufakturnya di Indonesia dengan nilai investasi sekitar US$10 miliar. Pada bulan Agustus 2012, Menteri Perindustrian Indonesia, MS Hidayat mengatakan bahwa Foxconn akan mulai membangun pabriknya pada akhir tahun 2012.

Di sisi lain, jika melihat tren perkembangan seputar produk-produk Apple, yang konon akan meluncurkan iPhone dengan harga yang lebih murah untuk dapat menjangkau segmen negara berkembang. Mungkin dengan melakukan investasi tersebut, salah satunya Indonesia,  memuluskan langkah Apple untuk mencapai tujuannya tersebut.