Berdasarkan pemberitaan dari Mashable, pendanaan dari Venture Capital (VC) AS untuk startup menurun di tahun lalu. Sebuah laporan dari MoneyTree yang dikeluarkan Pricewaterhouse Coopers dan National Venture Capital Association, menerangkan bahwa VC menginvestasikan US$ 265 miliar hanya di bawah 3.700 penawaran tahun lalu. Artinya ada penurunan 10% dalam hal pendanaan dan penurunan 6% pada jumlah penawaran. Diklaim ini pertama kalinya investasi VC tahunan telah menurun dalam tiga tahun.

Salah satunya investasi pada perusahaan biotek di wilayah Boston turun menjadi US$869 miliar pada tahun 2012, sekitar 24% pengurangan dari tahun sebelumnya.Tak pelak ini mengakibatkan jumlah startup yang menerima modal ventura untuk pertama kalinya mengalami penurunan sebesar 11% menjadi 1.163. Memang tidak bisa dipungkiri investasi di industri bioteknologi lesu, hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya ketidakpastian regulasi yang dihadapi industri perawatan kesehatan.

Namun penurunan tersebut tidak berlaku untuk industri ICT. Seperti halnya investasi VC pada perusahaan software yang semakin mengalami kenaikan. Peningkatan investasi VC di perusahaan software sebesar 10% dan kenaikan jumlah total penawaran 8%.