Sebagai salah satu sumber energi terbarukan, tenaga matahari jelas memiliki potensi yang sangat besar. Tak heran jika banyak negara di seluruh dunia mulai melirik sang surya sebagai sumber energi.

Chile adalah salah satu contoh negara yang muali mengaplikasikan tenaga surya. Baru-baru ini The Centro de Energias Renovables (CER)— Pusat Energi Terbarukan Chile— melaporkan bahwa bulan November tahun lalu, lebih dari 3,1 gigawatt proyek energi surya telah disetujui. Sementara 908 megawatt lainnya sedang menunggu untuk persetujuan. Angka ini tentu angka yang sangat besar dalam satu tahun.

Untuk semua proyek energi terbarukan termasuk hidro, angin, biomassa, surya, dan panas bumi, CER menghitung 6,7 GW proyek energi terbarukan disetujui di Chile. Sekitar 1,27 GW mencakup 10 proyek telah ditambahkan pada bulan November, naik dari 530 MW dari bulan sebelumnya.

Chili bisa muncul sebagai salah satu pemimpin di pasar Amerika Latin untuk energi terbarukan, khususnya solar PV (terutama tanah-mount), berkat kombinasi dari net metering, Portofolio Standar Terbarukan dan kebijakan lainnya.

Bentang alam Chile juga sangat potensial untuk energi solar—Gurun Atacama memiliki potensi yang sangat besar bagi tenaga surya.