Kendati diprediksi angka inflasi akan naik mencapai 6.2% di 2013, yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kenaikan upah buruh, kenaikan tarif dasar listrik dan bahan bakar energi lainnya. Sepertinya pengusaha Indonesia optimis bahwa pertumbuhan bisnis mereka masih tinggi. Sebuah hasil survei yang dilakukan oleh Entrepreneur Organisation yang disebut sebagai Global Entrepreneur Indicators menyebutkan prediksi  pengusaha Indonesia terhadap perubahan pendapatan pada tahun 2013 ini. Sekitar 89% wirausahawan Indonesia meramal, pendapatan mereka dipastikan tumbuh pada tahun ini. Angka ini jauh lebih tinggi ketimbang prediksi acuan di tingkat global, yang hanya sekitar 78%. 

Prediksi itu tentunya melahirkan keoptimisan lain terhadap prediksi pertumbuhan laba bersih. Sekitar 83% pengusaha Indonesia sangat yakin bahwa laba bersih usaha mereka akan mengalami peningkatan. Angka ini lebih tinggi ketimbang prediksi rata-rata dunia, yang hanya 73%. Meski dibayangi oleh kebijakan kenaikan Upah Minimum Regional, 77% pengusaha Indonesia bakal menambah jumlah karyawan tetap dalam kurun waktu enam bulan mendatang. 

Sedangkan tercatat sekitar 62% pengusaha Indonesia akan menambah karyawan paruh waktu (part time) dalam enam bulan ke depan. Jika dibandingkan dengan entrepreneur di negara lain, tercatat hanya ada 62% yang akan menambah karyawan tetap. Tak hanya itu, bahkan hanya ada 49% pengusaha yang akan menambah karyawan paruh dalam kurun waktu satu semester ke depan.