Guna mendongkrak angka penjualan di negeri tirai bambu, Apple akhirnya mengeluarkan kebijakan baru. Mereka memperbolehkan masyarakat Cina untuk mencicil iPhone dan laptop MacBook. Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook memang menyatakan Cina akan menggantikan Amerika sebagai pasar terbesar di dunia.

Pembayaran dapat dilakukan selama dua tahun untuk pembelian 300 yuan (US$48) atau lebih. Untuk mengangsur gadget yang satu ini, Apple menggandeng China Merchant Bank untuk mengeluarkan kartu kredit. Angsuranya sendiri bermacam-macam. Mulai dari 3 kali, 6 kali, 12 kali, 18 kali hingga 24 kali. Jika mencicil di bawah 12 kali, pembeli tidak akan dikenakan bunga. Sementara jika mencicil hingga 18 kali akan dikenakan bunga 6,5% dan 8,5% untuk 24 kali angsuran.

IPhone 5 sendiri telah dirilis di Cina bulan lalu, dengan harga 5.288 yuan. Padahal menurut data dari Biro Statistika Nasional Cina, rata-rata gaji bulanan pekerja di perkotaan adalah 3585 yuan.
Dari data riset terakhir yang dilakukan IDC, peringkat penjualan Apple di Cina sendiri memang merosot. Pada kuartal ke-3, Apple turun ke posisi enam dari sebelumnya posisi empat. Persaingan ini datang dari produsen lokal yang membanderol harga smartphone kurang dari 100 yuan.