Apa yang dipikiran Anda ketika sebuah game dimasukan ke dalam kurikulum sekolah? Ini terjadi di Swedia, ada sekolah yang memasukan game Minecraft sebagai salah satu mata pelajaran wajib. Melalui game ini siswa dipercaya akan lebih kreatif.

“Minecraft mengajarkan para siswa mengenai perencanaan kota dan lingkungan. Mereka juga dituntut untuk bisa menyelesaikan pekerjaan serta membuat rencana untuk masa depan,”  kata seorang guru di sekolah Viktor Rydberg,  Monica Eckman dilansir dari Gizmag.

Minecraft merupakan salah satu game sederhana yang menantang para pemain untuk membuat bangunan, menciptakan lingkungan hidup, dengan segala sumber daya yang ada. Game ini dibuat oleh programer asal Swedia, Markus ‘Notch’ Persson.

Ada sekitar 180 siswa berusia 13 tahun antusias ketika menikmati pelajar ini. Mereka semua ditantang untuk membangun dunia virtual lengkap dengan arstektur pendukung seperti, jaringan listrik hingga saluran air.

Bukan semulus apa yang dibayangkan saat awal keinginan game ini menjadi kurikulum pelajaran. Sempat ditentang orang tua murid, namun perlahan pemahaman-pemahaman mengenai efek positif dari game akhirnya mereka pun menyetujui program ini.