Nintendo, raksasa konsol game asal Jepang ini nampaknya sedang panen besar. Setelah meluncurkan Wii U pada 18 November 2012, Nintendo sudah meraup angka penjualan di Amerika hingga lebih dari US$300 juta hanya dalam waktu 41 hari. Jumlah ini merupakan nilai pasar dari sekitar 890 ribu unit Wii U yang berhasil di jual di Amerika. Padahal sebelumnya perusahaan mematok target penjualan US$270 juta.

Wii U memang menjadi senjata pamungkas Nintendo. Tahun sebelumnya, perusahaan ini mengalami kerugian pertama dama tiga dekade. Persaingan dari mobile games dan online games turut memperlemah dominasi game konsol, termasuk Nintendo. Di negeri asalnya, pencipta karakter Mario ini berhasil menjual Wii U sebanyak 638.339 unit pada 30 Desember 2012.

Teknologi Wii U sendiri sebenarnya cukup canggih. Dengan layar touchscreen 6,2 inci, pengguna juga bisa menghubungkan secara nirkabel antara konsol dengan TV. Untuk yang versi Deluxe—seharga US$350—bahkan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Di Amerika, tren penjualan video game konsol memang sedang turun. Saat ini angka penjualan konsol merosot 20% menjadi US$1,07 miliar. Miscrosoft masil memimpin pasar penjualan konsol dengan angka hingga 1,4 juta Xbox bulan lalu.