Siapa yang tak kenal NASA. Lembaga Antariksa Amerika ini dikenal dengan eksplorasi mereka ke ruang angkasa. Tapi kali ini, NASA sedang mengerjakan proyek yang justru bertujuan untuk mengeksplorasi Bumi.

Program yang di sebut Airborne Tropical Tropopause Experiment (ATTREX) ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagian atas atmosfer Samudera Pasifik. Dengan menggunakan pesawar tak berawak Hawk, program ini akan terbang sampai 65.000 kaki diatas samudera Pasifik.

Selama ini, para ilmuwan masih belum memahami bagaimana proses naik turunnya kadar uap air dan ozon di atmosfer. Padahal senyawa ini sangat berperan dalam perubahan iklim. Dengan program ATTREX ini, ilmuwan NASA akan mempelajari komposisi kimia dan kelembaban di daerah atas troposfer, lapisan terendah atmosfer bumi. Lapisan tropopause antara troposfer dan stratosfer.

“ATTREX akan memberikan pengukuran yang belum pernah terjadi sebelumnya dari lapisan tropopause tropis,” kata Eric Jensen, peneliti utama di NASA Ames Research Center.

Enam penerbangan ini direncanakan antara tanggal 16 dan 15 Maret. Tim ATTREX juga merencanakan penyebaran jarak jauh ke Guam dan Australia pada tahun 2014.