Setelah menghentikan produksi Play Station 2 dan fokus pada Play Station 3, hasil riset IDC memperlihatkan bahwa penjualan Sony PlayStation 3 (PS3) lampaui Microsoft Xbox 360 pada Desember 2012. Unit PS3 yang terjual diperkirakan sebanyak 77 juta unit dan jumlah itu lebih tinggi 1 juta dibandingkan Xbox 360. Padahal Microsoft terlebih dahulu merilis Xbox generasi terbaru dari konsol game andalannya tersebut satu tahun sebelumnya.

Di sisi lain, Manajer penelitian game dari IDC, Lewis Ward memproyeksikan bahwa penjualan Nintendo Wii U terbaru akan mencapai 50 juta pada akhir 2016. Tak hanya memproyeksikan bisnis konsol game saja, Ward berpendapat bahwa konsol game akan semakin berguna karena fungsinya saat ini yang tidak hanya sekadar dapat memainkan game saja, tetapi juga streaming film, acara televisi, dan hiburan digital lainnya.

“Konsol gamebanyak berubah karena saat ini platformnya telah mendukung berbagai fitur non-gaming fitur dan pada saat yang sama distribusi game bergerak ke arah digital,” ujar Ward, yang dilaporkan NewStraitsTimes.

Ward pun mengakui dan mempercayai bahwa konsol game berformat disc akan tetap menjadi andalan konsol-konsol game untuk beberapa tahun mendatang meskipun terjadi perkembangan di dunia video game yang telah berubah secara bertahap untuk mengunduh software game dalam format digital. Dia beralasan industri game penjualannya harus tetap disokong kedatangan konsol game baru dari Sony dan Microsoft.

“Dengan kemunculan konsol game generasi kedelapan ini, dimulai dengan Wii U, dari sejarah perkembangan industri game menyiratkan bahwa konsol game dengan format disc akan berkembang pada 2013 dan bangkit secara substantif pada 2014,” tutup Ward.