Rencana Belanda untuk menerapkan teknologi tingkat tinggi pada infrastruktur jalan di negeri itu nampaknya akan segera terwujud. Negeri kincir itu akan mulai bereksperimen dengan cat photoluminescent di jalan raya. Cat ini akan menyimpan sinar matahari di siang har untuk kemudian bersinar di malam hari, guna menunjukkan jalur dan kondisi cuaca.

Konsep Jalan Pintar ini dirancang oleh Studio Roosegaarde dan manajemen infrastruktur kelompok Heijmans. Konsep ini sendiri telah memenangkan Best Concept Future di Design Awards Belanda.

Tanda-tanda lalu lintas yang khas akan dicat di jalan-jalan, tetapi gagasan juga mencakup rencana untuk snowflakes dicat khusus yang akan menyala saat suhu mulai turun dan kondisi bisa dingin. Sebagai uji konsep, hamparan jalan raya di provinsi Branbant akan dilapisi dengan cat cuaca.

Cat hanyalah salah satu bagian dari konsep Jalan Cerdas. Hal ini juga menyerukan beberapa fitur jalan pintar lainnya, seperti jalur prioritas induksi yang akan mengisi kendaraan listrik saat mereka mengemudi di atas lampu jalan dan lampu bertenaga angin yang direncanakan untuk diimplementasikan dalam lima tahun ke depan.