Dengan dibangunnya 7.000 panel surya di Minesota merupakan bagian dari “meledaknya” instalasi surya di Minnesota sendiri dan di seluruh Amerika Serikat. Namun bukan hanya saja di Minnesota yang sudah menunjukan perkembangan, menurut pengembang energi terbarukan dari Ecos Energy, mengatakan 7.040 panel surya di luar Slayton, Minnesota, mulai menghasilkan tenaga setelah yang terhubung ke sistem distribusi Xcel Energy. Array surya adalah salah satu power plant energi surya yang terbesar di negara bagian tersebut dengan kapasitas 2 megawatt atau setara dengan daya yang digunakan oleh 250 rumah.

Sementara, di sisi lain, di Minnesota kapasitas surya dua kali lebih banyak dipasang pada tahun 2012 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena lebih dari 250 proyek, besar dan kecil, turut mengembangkan energi surya di Minnesota. 

Di seluruh negara, instalasi surya berkembang baru terlihat pada kuartal ketiga di 2011, berkat sebagian penurunan harga panel surya. Hal tersebut seperti yang dilaporkan oleh penelitian GTM dari The Solar Energy Industries Association.

“Kami berharap bisnis ini tumbuh cukup pada tahun 2013 dan 2014,” kata Doug Fredrickson, wakil Presiden Operasional untuk Blattner Energy. “Indikator yang benar-benar kuat tentang berkembangnya energi surya ini adalah Teknologi yang membaik, dan harga panel yang,” lanjutnya seperti yang dikutip dari Startribune.