Memang tak menampik fakta bahwa kebutuhan data transfer oleh masyarakat meningkat. Bayangkan saja saat ini jumlah data yang ditransfer tiap detiknya rata-rata sudah berukuran gigabit. Maka dari itu,kebutuhan akan teknologi tersebut sudah barang tentu harus terakomodir. 

Setelah muncul USB 3.0 yang kecepatannya lebih baik dari USB 2.0, kali ini bakalan hadir USB 3.0 versi terbaru. Diyakini dalam versi terbaru ini akan ada peningkatan kecepatan dari 5 gigabit per detik menjadi 10 gigabit per detik.

Untuk ukuran bentuk, port USB ini nantinya sama dengan yang dipakai dalam USB 3.0. Namun tentunya perangkat elektroniknya pun harus memiliki teknologi USB terbaru. Sudah banyak perusahaan ICT yang melirik teknologi terbaru ini untuk dikembangkan di antaranya Intel, HP, Microsoft, Renesas Electronics, ST-Ericsson, dan Texas Instruments.

Diperkirakan, teknologi rampung pertengahan tahun ini, seperti yang dilansir Tech2. Tapi sayangnya perangkat keras terbaru ini, akan diluncurkan ke pasar tahun depan.