Akhir tahun 2012 ditutup dengan kabar menggembirakan dari sektor energi terbarukan di AS. Data sampai bulan November 2012 lalu, penetrasi pembangkit tenaga angin di AS mencapai 6,519 megawatt . Angka ini melampaui capaian gas alam yang terpatok di angka 6,335 megawatt, dan lebih tinggi dua kali dari jumlah megawatt batubara.

Keberhasilan ini bukan tanpa sebab. Tahun 2012 turbin angin menjadi lebih murah dan efisien. Sehingga keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 2,2 sen / kWh.

“Pencapaian ini menunjukkan  bahwa energi angin telah menjadi tulang punggung kebutuhan energi,” ujar Jacob Susman, CEO OwnEnergy Inc yang berbasis di New York.

Dengan kredit pajak yang diperpanjang setidaknya satu tahun lagi, 2013 juga harus menjadi tahun yang baik untuk tenaga angin. Bahkan, jika harga gas alam naik sedikit lebih, 2013 mungkin berubah menjadi kemenangan yang lebih menentukan bagi tenaga angin, dan kita semua akan menjadi pemenang jika itu terjadi karena sekali dibangun, turbin ini menghasilkan listrik tanpa biaya bahan bakar atau emisi CO2 selama beberapa dekade.

(Reza)