Apple kembali mematenkan inovasi teranyarnya yaitu konektor untuk mempermudah SIM card dimasukan dalam perangkat kerasnya. Perusahaan ini telah memperoleh paten dengan nomer 8.337.223 atas konektor tersebut dari Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Menurut deskripsi pada paten, “Memungkinkan SIM card dimasukkan dan dikeluarkan dengan mudah menggunakan tuas mekanik, serta mampu mencegah kerusakan akibat salah memasukkan kartu.”

Kabarnya, jenis konektor yang dapat dipasang di perangkat iPhone, iPad, MacBook Pro, atau bahkan televisi ini mampu mengakomodir SIM card dari berbagai ukuran, termasuk SIM card “biasa”, Mini-SIM, atau Micro-SIM. Sebelumnya, konektor tersebut awalnya diajukan Apple ke USPTO pada kuartal ketiga tahun 2010. Tiga nama inventor yang tercantum di dalamnya adalah Zheng Gao, Benjamin Rappoport, dan Seteve McClure.

Dikutip dari Engadget, paten Apple atas teknologi konektor SIM card ini berpotensi menghambat produsen lain mengadopsi teknologi serupa karena bisa bermasalah dengan Apple. Sebelumnya, pada pertengahan 2012, Apple berhasil membuat rancangan nano-SIM card miliknya diterima sebagai standar, mengalahkan hasil desain dari Nokia, Motorola Mobility, dan RIM.