Memang tidak bisa dipungkiri kembali jika listrik sudah mendarahdaging dengan kehidupan kita. Sudah menjadi bagian teramat penting bagi jalannya perekonomian juga. Hal ini seperti yang dilakukan oleh pemkot Batam yang akan merencanakan membangun listrik tenaga surya.  

Seperti dilansir dari beberapa media, beberapa pulau yang berada di pesisir Kota Batam, Kepulauan Riau, akan menggunakan listrik tenaga surya mulai tahun 2013. Hal ini dilakukan agar bisa menghemat pemakaian genset yang selama ini digunakan untuk menghasilkan listrik di daerah pesisir tersebut.

“Tahun 2013 program listrik masuk desa akan diubah menjadi pengadaan Listrik Tenaga Surya atau Solar Home System,” kata Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, kepada Antara.

Diharapkan dengan adanya sumber listrik baru ini akan tercipta sumber energi murah yang terbarukan. Sehingga, nantinya Walikota Batam juga menginginkan agar listrik tersebut juga masuk ke daerah-daerah terpencil yang selama ini belum pernah memiliki aliran listrik sehingga bisa meningkatkan produktivitas penduduk. Dan setidaknya membantu pertumbuhan rasio elektrifikasi di Indonesia.

“Ini salah satu dari program pengentasan kemiskinan. Diharapkan, mampu mendorong peningkatan perekonomian hiterland,” imbuh Ahmad Dahlan.