Beberapa tahun yang lalu, ide untuk bisa browsing internet dalam sebuah penerbangan dianggap sesuatu yang gila. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat hal itu nampaknya mungkin saja terjadi. Sayangnya, fasilitas wifi di dalam pesawat memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah tidak meratanya pembagian wifi antar penumpang. Beberapa baris di kursi penumpang bisa jadi mendapatkan sinyal yang kuat, sementara baris lainnya hanya mendapatkan sinyal yang lemah.

Baru-baru ini, Boeing—pabrikan pesawat terbang asal Amerika— sedang melakukan penelitian untuk memecahkan permasalahan ini. Salah satu hasil penelitian itu adalah penggunaan kentang untuk memaksimalkan jaringan wifi dalam pesawat. Ya kentang, tanaman yang biasanya dimakan ini diperkirakan mampu membantu konsistensi jaringan wifi di seluruh kabin pesawat.

Seperti yang dilaporkan oleh Wired,”Sebagian besar pengujian dilakukan di dalam pesawat yang diparkir. Dengan meletakkan beberapa karung kentang di kabin pesawat, para penumpang bisa mendapatkan fasilitas wifi secara merata.”

Pada awalnya Boeing menggunakan karung kentang ketika menguji, bagaimana sinyal radio yang berinteraksi dengan sistem listrik pesawat. Sekarang mereka menggunakan kentang untuk menguji sinyal nirkabel dan tune dengan benar, sehingga sinyal yang lebih kuat dapat diterima seluruh pesawat dengan cara yang paling aman. Hmm…selain enak dibuat french fries, ternyata kentang juga memiliki manfaat lainnya ya.