Oracle setuju untuk membeli Eluqua Inc senilai $810 juta demi menopang ambisi perusahaan yang ingin meningkatkan pendapatan layanan cloud-computing. Eloqua membuat software yang memungkinkan perusahaan untuk memprediksi pertumbuhan pendapatan dengan memonitor dan menjalankan upaya marketing. Eluqoa memiliki lebih dari 1000 konsumen termasuk AON Plc, Dow Jones, Automatic Data Processing Inc, Polycom Inc, dan National Instruments Corp Cisco Systems, dan Dell.

“Kepemimpinan Eluqua dalam marketing cloud akan menjadi salah satu pusat dari Oracle Marketing Cloud,” ujar Thomas Kuria, Wakil Presiden Oracle Development. Dewan Direksi Eluqoa telah menyetujui kesepakatan tersebut dan Oracle berharap proses akuisisi akan rampung di semester pertama 2012. Oracle utarakan pertumbuhan penjualan software akan tetap kuat meskipun ada kekhawatiran kenaikan pajak dan pemangkasan anggaran AS dapat menyebabkan turunnya belanja konsumen.

Dibandingkan dengan perusahaan IT lainnya, Oracle bisa dikatakan terlambat masuk ke bisnis cloud computing, mencoba menjadi “a one-stop shop” untuk sistem operasi, databases, program komputer, dan infrastruktur terkait Web. “Akuisisi Eloqua akan menambahkan keunggulan solusi otomasi pasar untuk produk-produk otomasi….Oracle dan solusi otomasi call center RightNow yang baru saja diakuisisi,” kata perusahaan analis Nomora Equity Research dalam catatan kajiannya.

Oracle sebelumnya membeli RightNow Technologies pada tahun lalu dengan harga 1,5 miliar dolar. Oracle, yang selama ini menawarkan produk-produk software instalasi, kemudian membeli Taleo, sebuah perusahaan perangkat lunak human resources berbasis-cloud.