Ide untuk mendaur ulang baterai memang semakin gencar. Kesadaran bahwa baterai mengandung logam dan zat berbagaya membuat daur ulang menjadi salah satu solusi untuk turut menjaga lingkungan. Masalahnya, mendaur ulang baterai membutuhkan mesin yang handal.

Mesin itulah yang diciptakan oleh para peneliti dari University of Gothenburg dan Chalmers University of Technology. Mesin canggih ini mampu mengidentifikasi dan menyortir baterai di fasilitas daur ulang. Mesin yang disebut Optisort ini menggunakan teknologi pengenalan optik untuk menyortir hingga 10 baterai per detik. Optisort juga dibekali kemampuan untuk mengidentifikasi 2.000 jenis baterai dengan mengambil gambar dari mereka dari sudut yang berbeda dan menciptakan database.

Seperti yang di laporkan Gizmag, “Baterai yang dimasukkan ke dalam Optisort pada ban berjalan, di mana masing-masing difoto oleh kamera mesin. Setiap gambar kemudian dibandingkan dengan database gambar yang ada dari berbagai jenis baterai. Sistem otomatis juga memungkinkan daur ulang untuk menyimpan informasi tentang berapa banyak dari masing-masing jenis bahan itu yang telah dikumpulkan berdasarkan pada baterai yang telah diurutkan.