Setelah dikabarkan kalah dalam kasus pelanggaran paten yang diajukan oleh MobileMedia Ideas LLC yang merupakan sebuah perusahaan konsorsium pelisensi paten yang dimiliki oleh Nokia, Sony dan MPEG LA, Apple malah membeli paten milik Kodak. Bersama Google, Facebook serta para raksasa Silicon Valley lainnya, Apple kini menjadi pemilik baru paten digital imaging yang dijual Kodak dengan nilai USD 525 juta.

Nilai tersebut mencakup lebih dari 1.100 paten milik Eastman Kodak yang berhubungan dengan capturing, manipulating dan sharing foto digital. Seperti yang dikutip dari PetaPixel, Kamis (20/12/2012), total ada sebanyak 12 perusahaan yang berada di bawah grup yang dipimpin oleh Intellectual Ventures Management LLC dan RPX Corp. dalam pembelian ini.

Adapun nama lain yang turut terdaftar dalam grup adalah Research in Motion, Amazon.com dan Microsoft. Ada juga Samsung Electronics, Adobe System, Fujifilm Holdings Corp, Huawei Technologies, HTC Corp. dan Shutterfly. Meskipun dengan penjualan besar-besaran ini Kodak tak lagi memiliki paten digital imaging, mereka masih tetap mempunyai paten lain namun di area yang berbeda. Kodak tercatat masih memegang sebanyak 9.600 paten.

Aksi cuci gudang ini dilakukan Kodak untuk memenuhi prasyarat peminjaman uang sebesar USD 830 juta. Peminjaman uang ini adalah bagian dari upaya agar keluar dari jurang kebangkrutan. Setelah penjualan rampung, kini Kodak bisa bebas berjuang di bisnis commercial printingnya. Ini adalah bisnis yang mereka fokuskan setelah memutuskan mengakhiri produksi kamera.