Inovasi dibidang teknologi pesawat memang tidak pernah berhenti. Mulai dari sayap pesawat futuristik, turboprop yang baik—yang kesemuanya bertujuan untuk efisiensi bahan bakar pesawat. Selain inovasi-inovasi pada sektor teknologi, perilaku konsumen juga berpengaruh terhadap efisiensi pesawat.

Untuk mendukung program tersebut, baru-baru ini Calasi—sebuah perusahaan start up yang berbasis di San Fransisco—meluncurkan sebuah aplikasi yang ditujukan kepada para calon penumpang pesawat. Aplikasi yang merupakan hasil kerjasama dengan Expedia ini akan memberikan petunjuk kepada calon penumpang penerbangan seperti apa yang mengkonsumsi sedikit bahan bakar serta menghasilkan emisi yang sedikit pula.

Menurut tim yang membangun aplikasi ini, perhitungan efisiensi menggunakan lima variabel: bahan bakar pesawat yang digunakan, beban penumpang, kepadatan kursi, berbagi barang dan jarak penerbangan. Aplikasi ini masih berada dalam tahap uji coba, namun dapat didownload dari situs mereka saat ini. Sebagai bagian dari upaya penghematan energi, aplikasi ini tampaknya akan sedikit membantu.