Menurut laporan terbaru dari Asosiasi Industri Energi Matahari atau dikenal dengan SEIA, pasar photovoltaik energi surya di AS sudah terinstal sekitar 1.992MW di kuartal ketiga. Artinya sudah melebihi dari jumlah di 2011 sebesar 1.885MW.

Secara kumulatif, sekarang ada 5,9 GW PV, yang mengubah sinar matahari langsung menjadi listrik, yang beroperasi di AS dari lebih dari 271.000 instalasi. Tidak hanya itu saja, tenaga surya yang sudah terinstal tersebut lalu dikombinasikan dengan Concentrated Solar Power (CSP) atau tenaga surya terkonsentrasi, yang mengubah panas matahari untuk listrik, ada lebih dari 6,4 GW kapasitas terpasang listrik tenaga surya di AS, cukup untuk kekuatan lebih dari satu juta rumah tangga di Amerika Serikat.

Kuartal ketiga menampilkan pertumbuhan yang kuat yang mana pada sektor PV perumahan diinstal lebih dari 118 MW, semua waktu tinggi untuk kuartal, sementara pasar komersial (termasuk fasilitas pemerintah dan kelembagaan) berkontribusi 257 MW, naik 24 persen di atas kuartal terakhir.

SEIA berharap total pertumbuhan di 2012 mampu di atas 70 persen atau ada penambahan 3,2 GW. Jika itu terjadi, cukup untuk kekuatan lebih dari setengah juta rumah di AS.