Ide kain surya sebenarnya bukanlah hal baru. Para peneliti telah mencoba mencari cara bagaimana untuk menggabungkan teknologi surya ke wearable dan tirai. Aplikasi kain surya dibandingkan dengan panel surya merupakan prospek yang menarik. Keunggulannya sebuah kain surya akan menjadi ringan, mudah dilipat, portabel, dpt dipakai dan mampu menangkap lebih banyak energi matahari karena akan mengumpulkan sinar matahari dari berbagai sudut.

Sejauh ini, inovasi paling canggih kain surya adalah dengan mencetak sel surya ke kain tenun biasa. Namun baru-baru ini para peneliti dari tim ilmuwan internasional telah menemukan cara untuk membuat serat yang bekerja seperti sel surya— sehingga kain ini akan menjadi teknologi surya. Silikon berbasis serat photovoltaic seperti sel surya silikon kristal yang digunakan dalam panel surya dan akhirnya dapat digunakan untuk menghasilkan listrik yang menghasilkan kain untuk pakaian, ransel, tenda dan lain-lain.

Seperti yang dilaporkan oleh Gizmag , para peneliti menggabungkan serat optik dan microchip dengan menggunakan tekanan tinggi kimia untuk deposit semi-konduktor ke dalam lubang kecil di serat optik. Tim ini telah membuat beberapa meter serat, tetapi mereka pikir mereka dapat mencapai 10 meter atau lebih dari surya fleksibel-sel serat silikon. Serat surya tidak bisa hanya mengisi smartphone dan gadget dengan pakaian kami, tetapi menjadi sumber daya yang dpt dipakai untuk prajurit.