Eric Schmidt  menuturkan bahwa Android kini sudah memenangkan “pertandingan” melawan Apple. Hal tersebut seperti yang dilaporkan oleh Techcrunch. Bos Google ini menilai  persaingan Apple dan Google bisa dikatakan mirip dengan pertarungan Apple dan Microsoft dulu di ranah OS komputer. 

“Ini adalah perubahan platform yang besar, ini skalanya sama dengan 20 tahun lalu, Microsoft melawan Apple. Cukup jelas bahwa kami memenangkan pertarungan itu sekarang,” katanya.

Berdasarkan laporan tersebut, kini Andorid memegang 70% lebih pangsa pasar global, sementara iOS menduduki 15%. Di lain pihak, boleh saja Andorid berbangga dan merasa “raja” pasar untuk OS di dunia. Namun bukan Apple namanya jika tak bisa mengambil celah pangsa pasar yang ada. Perusahaan besutan Steve Jobs ini dinilai menuai untung sangat besar dari penjualan hardware. Sedangkan Google menyediakan OS Android kepada para vendor yang ingin mengadopsinya.

Lanjut Schmid, keterbukaan Android memberi Google kesempatan untuk menggeber layanannya yang lain dan mendapat uang dari penjualan iklan.