Rasa penasaran para ilmuwan untuk membuat sesuatu yang berbeda dari biasanya adalah tantangan bagi mereka. Kali ini sekelompok ilmuwan asal Australia kini tengah meneliti pengembangan nanas jenis baru. Tak lagi sekadar nanas yang manis dan berair, tetapi nanas yang memiliki rasa gurih seperti kelapa.

Jika riset tentang nanas ini berhasil, para ilmuwan patut berbangga hati. Sebab Departemen Pertanian Negara Bagian Queensland memperkirakan bahwa nanas tersebut akan menjadi pioneer dengan rasa yang unik. Rencananya, varietas anyar ini bakal disebut dengan ‘AusFestival Pineapple’. Sementara di lain pihak, negara bagian Queensland merupakan wilayah penghasil nanas terbesar di Australia. Setiap tahun wilayah ini menghasilkan sekitar 80 ribu ton nanas. 

“Uji coba rasa membuktikan bahwa nanas AusFestival adalah juaranya. Ia punya rasa seperti kelapa yang tidak akan Anda temui pada nanas manapun di Australia,” ujar pakar hortikultura dari Departemen Pertanian Negara Bagian Queensland, Garth Sanewski, seperti dikutip dari Telegraph.

Awalnya, menurut Senewski, para peneliti tidak bermaksud untuk membuat nanas yang memiliki rasa kelapa seperti itu.

“Saat kami tengah mengembangkan, kami tidak sedang membuat nanas berasa kelapa atau pun rasa lainnya. Kami hanya berupaya membuat nanas yang memiliki rasa yang enak. Kami hanya ingin membuat varietas nanas yang manis, rendah asam, dan memiliki aroma.”

Sejak tahun lalu, pemerintah setempat mulai berupaya mengembangkan varietas nanas unggulan yang memiliki rasa yang enak namun rendah biaya untuk bersaing dengan nanas-nanas impor dari luar negeri.