Tak dapat dipungkiri, bencana yang terjadi pada fasilitas nuklir Jepang Fukushima Daichi jelas berdampak sangat buruk. Sampai saat ini pihak pemerintah Jepang masih melakukan upaya pembersihan atas bencana tersebut. Selama ini, Jepang di kritik karena tidak memanfaatkan robot-robot untuk melakukan pekerjaan sulit tersebut.

Kini robot tersebut telah hadir. Dirancang khusus oleh Hitachi, robot ini mampu mengangkut beban berat serta melalui ruang-ruang sempit. Seperti yang dilaporkan oleh Gizmag, robot yang diberi nama The Astaco-Sora ini dikembangkan oleh anak perusahaan Hitachi Engineering & Services and Hitachi Construction Machinery.

Menurut laporan, robot ini mampu mengangkat beban hingga 150 kg pada masing-masing tangannya. Dengan dimensinya yang hanya 93 cm robot ini mampu menjelajahi sebagian wilayah-wilayah yang tak terjangkau tangan manusia. The ASTACO-Sora berbobot 2,3 ton, beroperasi pada kecepatan sekitar 1,6 mph dan dapat berjalan hingga 15 jam. Robot ini juga memiliki lengan kamera panjang untuk melakukan survei lingkungan.