Di Amerika, para peneliti mulai menjajaki kemungkinan penggunaan air limbah untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk kebutuhan industri dan pertanian, pasokan air bisa didapatkan dari hasil “daur ulang” limbah. Berbagai cara dilakukan untuk mendukung usaha ini. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi online untuk mengetahui sumber-sumber air limbah yang potensial.

Atas inisiatif dari WaterMatch, kini pabrik pengolahan air limbah bisa memanfaatkan “Matching Map”, aplikasi online tentang pasokan air limbah. Diluncurkan pada tahun 2011, aplikasi ini sudah memiliki 21.000 database sumber air potensial. Tak hanya itu, “Matching Map” juga memilikki database untuk mengetahui individu-individu yang bekerja di bidang pertanian dan industri. Database ini akan berguna untuk membangun kerjasama proyek-proyek pengolahan limbah air.

Menjajaki pemanfaatan aplikasi online ini, Intel bermitra dengan Global Institute WaterMatch dan Arizona State University of Sustainability membantu mengidentifikasi lebih dari 130 sumber air limbah, mensponsori penelitian di sekolah tentang penggunaan kembali air limbah, serta melihat bagaimana layanan WaterMatch bisa memainkan peran dalam meningkatkan penggunaan kembali air limbah.