Dalam sebuah laporan hasil riset International Data Corp (IDC) mengungkapkan bahwa pasar ponsel dunia yang beberapa tahun tumbuh dengan pesat, diproyeksikan akan melambat di tahun ini yang diperkirakan hanya akan tumbuh 1,4 persen dari tahun sebelumnya. Angka pertumbuhan tersebut merupakan tingkat pertumbuhan tahunan terendah dalam tiga tahun terakhir. Pertumbuhan penjualan ponsel melaju lebih lambat karena ekonomi global yang sedang melemah.

“Kondisi ekonomi yang lesu di seluruh dunia telah membuat pasar ponsel tahun ini suram,” kata Kevin Restivo, seorang riset analis senior di IDC, dalam sebuah pernyataan.

Walaupun diproyeksikan menurun, tapi pasar ponsel untuk smartphone terus berkibar. IDC memproyeksikan pengiriman smartphone global pada 2012 akan meningkat 45,1 persen dari tahun sebelumnya menjadi 717,5 juta unit. 

Pertumbuhan pasar smartphone dipengaruhi berbagai faktor. Banyaknya subsidi dari operator untuk pembelian smartphone dan semakin banyaknya pilihan smartphone murah menjadi beberapa faktor utama. Termasuk smartphone, produsen di seluruh dunia diperkirakan mengirim total lebih dari 1,7 miliar unit ponsel tahun ini.