Penggunaan robot sebagai alat bantu memudahkan pekerjaan manusia semakin terlihat berkembang. Seperti Rumah Sakit Royal North Shore, Australia, menggunakan bantuan robot otomatis untuk melayani pasien serta membantu perawat di rumah sakit dengan teknologi robot automatic guided vehicle (AGV). Umumnya, teknologi AGV ini diterapkan di industry pabrikan, namun bisa juga dilakukan di rumah sakit. Di sisi lain, hal ini tampak seperti perusahaan IT Foxconn yang juga melibatkan tenaga robot.

Rumah sakit di wilayah New South Wales, yang dilansir dari Ibtimes, merupakan pertama kalinya melibatkan teknologi modern. Jillian Skinner, Menteri Kesehatan di negara setempat mengumumkan pada akhir pekan bahwa Royal North Shore merupakan rumah sakit pertama yang menggunakan sumber daya secara keseluruhan untuk memanfaatkan robot.

“Tidak saja mereka akan membantu staf untuk melakukan pekerjaan mereka lebih efisien tanpa risiko cedera yang menyakitkan, (tetapi juga) mereka akan mengurangi ketidaksengajaan pada kontaminasi silang terkait barang selama pengangkutan,” ujar Skinner melalui The Big Pond News. 

Investasi yang dikeluarkan untuk membeli teknologi besutan Jerman ini USD4 juta, teknologi AGV ini dijadwalkan akan beroperasi secara penuh pada akhir bulan ini. Kabarnya, AGV ini akan mengirimkan dan mengumpulkan sekira 3.600 paket makanan dalam sehari.

Robot dengan bentuk kendaraan datar ini akan ditempatkan di bawah troli (kereta dorong) sebagai alat angkut yang aman, tenang, serta efisien. Robot ini akan bekerja tanpa mengeluarkan suara bising, sehingga tetap nyaman bagi pasien.