Tak habis perkara dengan rivalnya Apple, Samsung kini diperintahkan oleh pengadilan Korea Selatan untuk membayar USD5,5 juta kepada salah seorang mantan karyawannya. Masalah ini berujung dari bekas karyawan perusahaan raksasa tersebut yang turut mengembangkan “kunci” teknologi bagi bisnis TV Samsung yang semakin berkembang pesat. 

Tercatat ada 20 teknologi yang merupakan hasil pemikirannya. Ke-20 teknologi yang dikembangkan dari tahun 1991-1995 ini kini sudah dipatenkan Samsung. Dia adalah Chung, karyawan yang menuntut Samsung lewat pengadilan Korea Selatan dan memenangkan masalah tersebut.

Dalam gugatannya, seperti yang dilansir dari AFP, Chung menuding Samsung sengaja ‘mengirit’ pembayaran bonus, setelah dia mengembangkan teknologi untuk bisnis TV perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Pengadilan Distrik Pusat di Seoul mencatat, teknologi tersebut telah membantu Samsung meraup keuntungan. Diperkirakan, 60 miliar won berhasil didulangnya untuk lini bisnis TV.

“Sangat wajar membayar si pencipta teknologi senilai 10 persen dari keuntungan yang didapat, berdasarkan peran Chung,” kata juru bicara pengadilan. 

Sampai saat ini, pihak Samsung belum mengonfirmasikan keterangan apapun baik akan melakukan banding ataupun tidak.