Limbah memang menjadi permasalahan di setiap negara. Jika di India perusahaan Biowish telah menciptakan sebuah biokatalis yang mampu mengurangi efek negatif dari limbah, para peneliti di Inggris tak mau kalah. Jika peneliti India lebih bermain pada sektor bioteknologi, sebuah kemitraan antara Wessex Water dan Bristol Robotics Laboratory telah menciptakan robot yang dapat membersihkan limbah didalam air.

Tidak hanya mampu membersihkan limbah, robot yang diberi nama Ecobot III ini menggunakan bahan bakar mikroba yang berasal dari kotoran manusia. Dengan demikan, robot ini akan membersihkan limbah sekaligus mengubahnya menjadi biomassa yang bisa menghasilkan energi. Kinerja robot ini mampu menghemat energi tanpa membawa limbah-limbah tersebut ke pengolahan.

Robot yang hanya berbobot sekitar 6kg ini berisi lapisan sel bahan bakar mikroba. Robot ini rencananya tidak hanya akan digunakan untuk pabrik pengolahan air limbah saja. Para peneliti mengatakan mereka datang dengan ide berdasarkan kebutuhan menciptakan teknologi untuk daerah terpencil.