Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini layanan-layanan mengenai messaging yang ditawarkan oleh smartphone bermunculan. Namun semakin bermuculan layanan baru tersebut, bagi Research in Motion (RIM) tak bergeming, malahan dilaporkan bahwa BlackBerry besutan RIM mengeklaim bahwa BlackBerry Messenger (BBM) masih menjadi nomor wahid. 

“BlackBerry Messenger adalah platform messaging nomor satu di Asia. Saat ini, ada sekitar 60 juta pengguna aktif BBM di seluruh dunia dengan miliaran pesan terkirim setiap harinya,” ucap Vice President BBM RIM, T.A Mc Cann.

Menurut Mc Cann, berdasarkan hasil riset yang diperolehnya mengatakan bahwa penduduk beberapa negara di Asia masih mengandalkan BBM untuk berkirim pesan. Seperti di Indonesia, Thailand dan Filipina.Maka dari itu,untuk ke depannya, fitur yang digunakan RIM di BlackBerry 10 tetap akan menggunakan layanan pesan BBM dan kemampuan yang sudah barang tentu ditingkatkan. Misalnya, BBM versi terbaru bisa melakukan voice call. Dan juga bisa menampilkan informasi user lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

RIM pun berharap semakin banyak developer tertarik mengembangkan aplikasi yang terkoneksi dengan BBM. Saat ini tercatat ada sekitar 3.000 aplikasi yang terkoneksi BBM.