Parlemen Ukraina baru-baru ini di tanggal 20 November, seperti yang dilansir dari Kyivpost, mengesahkan hukum di bidang kelistrikan khusus untuk energi terbarukan di sektor energi angin. Peraturan tersebut menekankan kepada peningkatan sumber listrik dari energi terbarukan dengan persyaratan adanya kandungan lokal dalam manufaktur energi terbarukan menjadi 50 persen untuk energi angin. Disahkannya peraturan ini mengakibatkan terbebaninya investor asing yang menginvestasikan dananya untuk energi angin di negara tersebut. 

Investor asing banyak di sektor pembangkit tenaga angin di Ukraina menyatakan keprihatinan tentang aturan 50 persen konten lokal tersebut. Pihak investor mengatakan hal ini tidak mungkin bagi mereka untuk mempertahankan bisnisnya di Ukraina dan bisa mendorong mereka keluar dari negara itu.

Di sisi lain, menurut Yuri Kubrushko, co-chair dari Wind Working Group of the European Ukrainian Energy Agency, yang mewakili investor asing banyak di sektor ini, mengatakan undang-undang ini tidak mengatasi masalah untuk investor asing.

“Masyarakat internasional memiliki sikap negatif terhadap proposal tersebut. Saya yakin akan ada banyak surat dikirim oleh lembaga keuangan internasional dan asosiasi kepada Presiden dalam beberapa hari mendatang meminta veto,” ujarnya.

Awalnya, aturan itu menetapkan bahwa semua power plant tenaga angin di 1 Januari 2013 harus memiliki 30 persen kandungan lokal dan mereka yang diluncurkan dari 1 Januari 2014 harus memiliki setidaknya 50 persen dari barang-barang domestik dan jasa yang digunakan untuk mengembangkan fasilitas mereka. Tapi tiba-tiba aturan itu berubah menjadi 50 persen untuk muatan lokal pada pembangkit listrik. Aturan itu dimulai dari konstruksi yang telah berjalan setelah 1 Januari 2012.