Berkaitan dengan peluncuran BlackBerry (BB) 10 pada 30 Januari 2013, Reuters memberitakan, Research In Motion (RIM) telah menargetkan 100 ribu aplikasi yang akan mendukung perangkat-perangkat baru bersistem operasi BlackBerry (BB) 10.

Bila dilihat angka aplikasi yang ditargetkan BB, memang berbanding terbalik dengan  jumlah aplikasi yang ditawarkan  Apple ataupun Google yang mencapai lebih dari 700 ribu aplikasi. Namun, hal ini tidak memengaruhi kekhawatiran dari pihak RIM.

“Lihat berapa banyak sebenarnya (aplikasi) yang diunduh…BlackBerry App World sekarang masih sebagai portal yang paling menguntungkan bagi para pengembang aplikasi–dalam jumlah aplikasi berbayar yang terunduh,” tutur Pimpinan RIM Thorsten Heins.

RIM berharap jajaran produk ponsel pintar bersistem operasi BB 10 akan mampu mengembalikan pangsa pasar produsen asal Kanada itu dari iPhone Apple dan perangkat-perangkat Android. Heins menambahkan rencana aplikasi bisnis RIM akan terfokus seperti dari Cisco WebEx, Box, SAP dan Blackboard. Aplikasi musik dan film berasal dari TuneIn, Nobex, Popcornflix. Dan, aplikasi permainan dari Gameloft, Halfbrick, dan Paw Print