Meskipun terus-menerus krisis euro dan berkurangnya feed-in tarif, investasi dalam energi surya saat ini sedang booming, terutama di pasar fotovoltaik sekunder, atau instaling. Tutur CEO Sun, Felix Krause yang dikutip dari PV-Magazine. Selain itu pula, seperti diamati oleh Photovoltaic Industry Association Eropa (EPIA) pada tahun 2012, energi surya saat ini mencakup 1% dari total konsumsi listrik di Eropa. Dengan asumsi Uni Eropa mencapai tujuannya untuk energi terbarukan 20% pada tahun 2020. Jelas hal ini akan meningkat menjadi antara 4 dan 6%, dan, jika potensi penuh surya diwujudkan, saham untuk energi surya bisa tumbuh mencapai 12%.

Melihat besarnya investasi di sektor ini, serta pasar sekunder booming dan mengurangi prosedur administrasi untuk dijual kembali / pembelian kembali instalasi, prospek energi surya  tetap positif. Hal ini berdampak pada  aktivitas perdagangan secara online fotovoltaik untuk tenaga surya yang signifikan, minat investor yang meningkat karena menjadi lebih mudah untuk membeli berisiko rendah, serta instalasi yang mudah dan sudah ada.

Mengenai investasi, beberapa tahun terakhir telah membawa konsep baru untuk pasar: salah satunya pasar online, di mana sudah berfungsi PV instalasi dan hak proyek dapat dengan mudah dijual atau dibeli. Oleh karena itu, risiko kerugian telah diminimalkan dari waktu ke waktu, misalnya prosedur menjual kembali / pembelian kembali instalasi PV telah disederhanakan. 

Skala pasar PV sekunder berkembang, dengan peningkatan jumlah orang yang tertarik untuk membeli instalasi yang ada. Menurut sebuah data, saat ini 90% dari proyek perusahaan host milik pasar primer (proyek hak untuk membangun instalasi baru), dalam tahap awal, dalam beberapa bulan terakhir tren ini telah terbalik. Dengan demikian, saat ini, 60% dari proyek itu host adalah instalasi pasar sekunder (sistem operasi yang akan dijual kembali). 

Tren ini telah menjadikan energi surya berkembang, dilihat dari jumlah proyek sekunder yang terus meningkat, begitu pula permintaan investor untuk instalasi.