Kita tentu sepakat bahwa pencemaran air berdampak buruk bagi manusia dan lingkungan. Sayangnya, akses informasi terkait pencemaran air ini sulit untuk diakses. Data-data tingkat pencemaran danau ataupun sungai seringkali tidak dikeluarkan oleh pihak yang berwenang.

Di Amerika, solusi masalah ini nampaknya sudah terpecahkan. EPA merancang aplikasi mobile terbaru yang akan dengan mudah memberikan informasi terkait pencemaran air di Amerika Serikat. Hanya dengan mengklik sebuah tombol, setiap orang bisa mendapatkan penjelasan mengenai kondisi sumber-sumber air seperti danau dan sungai.

Aplikasi ini sendiri cukup mudah digunakan. Hanya dengan memasukkan kode pos atau mengizinkan aplikasi untuk menggunakan teknologi GPS untuk menentukan lokasi yang tepat Anda, aplikasi ini akan mengembalikan daftar saluran air dalam lima mil dari lokasi pencarian.

Informasi ini termasuk pada kualitas air dan saluran air, jenis pencemaran, potensi resiko kesehatan serta upaya apa yang bisa dan sudah dilakukan oleh pihak yang berwenang.