Penetrasi media sosial seperti Facebook dan Twitter tak diragukan lagi begitu signifikan. Bencana sekalipun tak menghalangi masyarakat untuk saling berinteraksi lewat dunia maya. Terjangan badai Sandy yang melanda pantai timur Amerika justru membuat orang-orang semakin antusias untuk memanfaatkan FB dan Twitter.

Menurut hasil survey yang baru saja dirilis beberapa jam lalu oleh Facebook’s Talk Meter, badai Sandy menjadi topik paling populer kedua di AS sepanjang tahun 2012. Masyarakat memanfaatkan jejaring sosial untuk mencari informasi ataupun saling menguatkan di tengah ancaman bencana.

Saat bencana, FB dan Twitter memang kebanjiran peminat. Selain badai Sandy, bencana badai Irene yang melanda pada tahun 2011 juga menjadi topik yang cukup populer.

Tak hanya masyarakat umum, beberapa pejabat pemerintahan juga memanfaatkan Twitter untuk meng-update berita terbaru seputar badai. Gubernur dan walikota New York Andrew Cuomo dan Michael Bloomberg, Gubernur New Jersey Chris Christie serta perusahaan listrik Consolidate Edison turut memanfaatkan layanan microblogging ini.

Tak hanya FB dan Twitter, layanan sharing foto Instagram menuai banyak pelanggan. Mereka saling mengirim gambar terbaru terkait bencana badai tersebut. Begitu pula dengan Youtube. Situs ini mengalami lonjakan yang cukup signifikan terkait video yang berkaitan dengan badai.

Badai yang menurut The Associated Press telah merenggut 38 nyawa ini memang menjadi bencana yang cukup menyedihkan. Dengan fasilitas media sosial yang beragam, masyarakat bisa saling berbagi dan menguatkan untuk menghadapi bencana dahsyat ini.