Polusi udara saat ini memang menjadi perhatian berbagai pihak. Tak terkecuali para peneliti dari Cernegie Mellon University. Saat ini mereka tengah mengembangkan tiga alat pendeteksi polusi udara yang dapat digunakan secara luas. Uniknya, alat ini dibuat dengan ukuran yang cukup kecil sehingga bisa digunakan oleh semua orang.

Pertama, mereka menciptakan Airbots. Perangkat ini merupakan alat untuk mendeteksi polusi udara. Dengan ukuran yang mini, alat ini bahkan bisa dimasukkan ke dalam saku. AirBots sangat bermanfaat untuk mendeteksi udara terutama bagi mereka pengidap asma yang sangat membutuhkan udara bersih. Menurut pihak peneliti, AirBots baru siap di pasarkan pada 2013 dengan harga US$99.

Kedua adalah pendeteksi air yang dinamakan Waterbots. Cara penggunaanya cukup mudah. Kita tinggal mencelupkan alat ini ke dalam sumber air seperti danau atau sungai. Kemudian melalui web kita akan mengetahui apakah air ini tercemar zat kimia berbahaya atau tidak.

Dalam skala yang lebih kecil, para peneliti juga menciptakan CATTFISH. Alat ini sebenarnya juga digunakan untuk mendeteksi polusi air. Namun, CATTFISH secara khusus digunakan untuk mendeteksi air sumur kita sehari-hari.

Berminat membeli alat ini? Semoga saja di pasarkan juga di Indonesia. Atau lebih baik lagi jika para peneliti kita juga berusaha menciptakan alat seperti ini.