Baru-baru ini sebuah perusahaan teknologi Sway Turbin dari Norwegia  meluncurkan turbin untuk energi angin lepas pantai dengan kapasitas 10 MW. 

Turbin yang memiliki diameter besar, drive generator magnet permanen langsung, yang memiliki inti stator ironless dan generator yang unik dan integrasi blade rotor, mereka sebut dengan teknologi ST10.

“Ini adalah peristiwa yang sangat menarik bagi kami, dan kami sangat senang untuk dapat mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang teknologi ini, yang kami percaya merupakan alternatif turbin yang amat kompetitif di pasar energi angin lepas pantai,” kata CEO Sway, Ingelise Arntsen.

Ia pun menambahkan bahwa turbin buatan perusahaannya, dihargai dengan biaya yang rendah daripada turbin lepas pantai lainnya. ST10 ini digadang-gadang dapat menurunkan biaya sekitar 15-20 persen.

“Sebagai sebuah perusahaan pengembangan teknologi, kami dengan bangga mempersembahkan desain ST10 yang telah dikembangkan oleh para ahli kami bersama-sama dengan beberapa mitra yang paling kompeten di industri. Kita sekarang dalam proses mengidentifikasi mitra industri terbaik untuk membawa produk ini ke pasar, “kata Arntsen.