Berawal dari tiga orang yang tengah menempuh studi lanjut di Australia dan melihat peluang e commerce di negeri sendiri yang sedang tumbuh, seketika itu mereka pun terbesit untuk membuat bisnis e commerce.

“Di Australia sebagai negara maju pun melihat bahwa e commerce di Indonesia sudah mulai tumbuh,” ujar Founder sekaligus Chief Operating Officer (COO) Valadoo, Aris Suryamas.

Valadoo merupakan situs commerce lokal yang menyediakan suatu solusi terpusat untuk para wisatawan yang ingin merencanakan liburan akhir pekan atau liburan yang panjang  dengan penawaran yang eksklusif. Valadoo sendiri berdiri tahun 2010. Kendati bisnis yang dijalaninya sekarang berbasis travel, namun di awal pendirian justru belum tercetus ide untuk terjun di dunia bisnis travel. Bisnis awal mereka adalah daily deals.

“Justru ide awal kami bukan travel. Tapi kita bikin daily deals, seperti groupon, living social. Waktu itu di Australia sendiri, bisnis tersebut lagi booming,” katanya.

Baru beberapa tahun kemudian mereka menggeluti bisnis travel. Ketika itu mereka bertemu dengan Wego – sebuah search engine khusus travel –  yang mana akhirnya Wego menjadi partnership Valadoo.

“Berjalannya waktu kita ketemu Wego. Wego ini tertarik dengan bisnis kita dengan nuansa travel yang segar dan muda. Dan kita pikir bekerjasama dengan Wego cukup strategis. Sebab fokus bisnis Wego juga di traveling,” ungkapnya.

Saat ini bisa dikatakan bisnis travel Valadoo tumbuh dari tahun ke tahun. Dengan modal awal Rp55 juta, tahun lalu omzet yang diraupnya Rp2 miliar. Walaupun bisnisnya tumbuh tiap tahun, masih ada kendala sekaligus tantangan yang menjadi pekerjaan rumah bagi Valadoo ini. 

“Pasar kita di Indonesia tidak mature seperti pasar di luar negeri. Terutama intern soft online transaction. Jadi ketika kita beli baju lewat online yang relatif harga di bawah 1 juta mereka masih mau pakai, tapi kalau travel kan sampai 5 juta, mereka pun masih mikir-mikirlah. Itu salah satunya,” jawab lelaki yang juga sebagai dosen di sebuah universitas swasta di Jakarta. Saat ini destinasi utama Valadoo masih dalam negeri, namun di tahun depan akan merambah ke luar negeri.