Baru-baru ini dikabarkan oleh Renewable Energy Magazine sebuah penemuan atas kekuatan gelombang laut di 100 kilometer lepas pantai barat Skotlandia yang cukup membangkitkan listrik dalam kurun waktu satu tahun. Persisnya didekat pantai Cornwall. Penemuan ini dilaporkan oleh The UK Wave Energy.

Dalam menyusun informasi tersebut, mereka melihat dari sisi energi yang akan dihasilkan oleh gelombang  laut yang mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama, biaya eksploitasi, dengan mempertimbangkan isu-isu seperti lahan perikanan, rute pengiriman dan kemungkinan efek pada mamalia seperti paus dan lumba-lumba dan kelautan lainnya satwa liar.

 

“Ini penelitian baru yang dapat mengidentifikasi frontages gelombang utama untuk pengembangan energi  komersial di tahun-tahun mendatang,” kata Kepala Percepatan Teknologi, Dr Stephen Wyatt.

Ia pun melanjutkan, jika inovasi-inovasi di energi gelombang terus ditingkatkan maka tidak menutup kemungkinan energi gelombang laut dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kebutuhan energi manusia.

“Jika kita dapat terus berinovasi untuk membuktikan teknologi di skala komersil dan tentunya untuk menurunkan biaya, maka ada alasan untuk percaya bahwa kekuatan gelombang dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kebutuhan energi kita untuk 2050,” katanya.

Mengomentari penelitian, Direktur WWF Skotlandia, Richard Dixon, mengatakan, “Studi ini menggarisbawahi bahwa potensi Skotlandia untuk benar-benar menguasai energi gelombang laut itu tak mustahil,” ujarnya.

Di samping langkah-langkah penghematan energi, energi terbarukan gelombang laut memiliki peran penting untuk membantu Skotlandia mengurangi emisi iklim seperti polusi bahan bakar fosil dan energi nuklir.