Inspirasi memang bisa datang dari mana saja. Termasuk dengan memperhatikan kehidupan flora dan fauna sebagai bahan untuk mengembangkan inovasi teknologi. Setelah lebah yang dijadikan inspirasi untuk menciptakan komputer super cepat, kali ini inspirasi itu datang dari sarang laba-laba.

Seperti yang dikutip dari Wired, seorang fisikawan dari Institut de Physique de Rennes di Prancis, Huby Nolwenn, berhasil menemukan fakta bahwa cahaya dapat merambat dengan cepat pada jaring laba-laba seperti melalui kabel serat optik.

Dengan penemuan ini, Huby optimis suatu hari nanti jaring laba-laba dapat berfungsi sebagai transmisi seperti halnya serat optik. Dengan sifat-sifatnya yang alami, jaring laba-laba lebih unggul karena bisa digunakan dalam bidang medis. Selain itu, karena jaring laba-laba juga mudah didaur ulang sehingga mengurangi potensi e-limbah.

Hambatannya saat ini, tentu sulit untuk memanen jaring laba-laba secara massal. Oleh karena itu, para peneliti juga sedang mengembangkan teknologi untuk memproduksi jaring laba-laba sintetis. Jadi jangan heran jika beberapa tahun ke depan, anda akan menemukan chip ataupun baterai gadget yang menggunakan jaring laba-laba sebagai bahan transmisinya.