Isu lingkungan yang semakin kritis memaksa negara-negara maju dan berkembang menggunakan energi terbarukan. Seperti  halnya Australia. Negara Kangguru itu untuk pertama kalinya telah merilis penggunaan energi surya dalam skala besar. Menteri Energi Australia, Peter Collier, hadir bersama dengan sejumlah pemilik tanah lokal, anggota masyarakat dan kontraktor. Sebelum dirilisnya energi surya skala besar ini, telah diadakan penelitian dan pengujian selama hampir satu tahun.

“Sebagai pabrik terbesar surya fotovoltaik dalam operasi di Australia, Greenough River Farm Surya menunjukkan bahwa teknologi terbarukan dapat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan energi masa depan Australia secara berkelanjutan,” kata Jason Waters, CEO Energi Verve yang dikutip dari Renewable Energy Magazine. 

Proyek dengan kapasitas 10MW diharapkan dapat menghasilkan energi surya yang cukup untuk kekuatan 3.000 rumah dan memindahkan 20.000 ton gas rumah kaca setiap tahunnya. Di sisi lain, Output pabrik akan dibeli oleh Perusahaan Air WA untuk membantu meringankan kebutuhan energi Tanaman Desalinasi Air Laut Selatan yang.

Sementara itu, proyek ini dilakukan oleh First Solar. Selain memasok lebih dari 150.000 modul canggih PV film tipis dan jasa rekayasa, pengadaan dan konstruksi untuk pabrik, First Solar akan menyediakan layanan operasi dan pemeliharaan untuk 15 tahun ke depan.