CEO Google, Eric Schmidt mengharapkan lebih dari satu miliar perangkat mobile di seluruh dunia akan menjalankan software Android dalam setahun. Hal yang diutarakannya tersebut menandakan bahwa Google siap “bertarung” dengan Apple. 

Di sisi lain, Google dan Apple pernah menjadi mitra dekat. Namun hubungan antara keduanya kini mulai tegang oleh munculnya Google sistem operasi mobile Android. Kini platform terkemuka di dunia untuk smartphone menjadi ancaman langsung bagi produk-produk Apple. 

Maka dari itu, seperti yang dilansir dari Reuters, Apple telah pindah untuk tidak menggunakan produk Google dengan membuang YouTube dari pre-loaded seleksi iPhone baru dari aplikasi dan mengganti perangkat lunak pemetaan Google pada iPhone dengan layanan pemetaan sendiri.

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa Apple terjun ke pemetaan belum berjalan dengan mulus. CEO Apple Tim Cook terpaksa mengeluarkan permintaan maaf publik awal bulan ini di tengah keluhan bahwa produknya tersebut tidak sesuai dengan keadaan geografisnya.

Hal ini memaksa Schmidt berpendapat bahwa membuat map tak semudah itu. “Kami menginvestasikan ratusan juta dolar dalam pekerjaan satelit, pesawat kerja, drive oleh pekerjaan, untuk mendapatkan peta yang akurat,” Imbuhnya.

Namun dia menambahkan bahwa kedua perusahaan teknologi itu selalu berkomunikasi dengan satu sama lain.