Seiring dengan kebutuhan energi listrik yang terus meningkat, para peneliti semakin giat mengembangkan sumber energi kinetik. Beberapa waktu lalu, kita sudah dikejutkan dengan inovasi berupa sepatu yang dapat digunakan sebagai sumber energi, ataupun trotoar yang menghasilkan listrik dari pergerakan orang-orang.

Nah, kali ini para peneliti telah menemukan sumber energi lain yang cukup unik. Adalah Soccket, sebuah bola sepak yang dibuat oleh Uncharted Play yang mampu menghasilkan energi setelah dimainkan. Bola unik yang terbuat dari bahan-bahan unggulan ini didalamnya ditanam mekanisme giroskop yang mengumpulkan energi dari pergerakan bola.

 Soccket memiliki daya output enam-watt yang dapat memenuhi peralatan elektronik kecil seperti lampu ataupun ponsel. Setelah dimainkan selama 30 menit Soccket dapat memberikan tiga jam cahaya .

Dengan inovasi ini, sebuah keluarga akan menghasilkan energi bersih sekaligus memberikan alat permainan kepada anak-anak. Soccket telah memenangkan banyak penghargaan inovasi dan telah dipuji oleh Clinton Global Initiative dan di Konferensi TED.